Web Analytics
MyBoost | Prediksi 2020: Influencer Nano & Micro Akan Semakin Dicari
Prediksi 2020: Influencer Nano & Micro Akan Semakin Dicari

Back

Share

Copy Link

Influencer

Prediksi 2020: Influencer Nano & Micro Akan Semakin Dicari

Sejak kehadiran media sosial (medsos), muncullah profesi baru bernama influencer. Influencer adalah orang-orang yang memunyai banyak followers di akun medsosnya dan punya pengaruh yang kuat terhadap followersnya.

Begitu besar pengaruh mereka terhadap followersnya, influencer ini sampai bisa membuat penjualan sebuah produk melejit drastis bahkan tidak jarang mereka membuat gerakan perubahan hanya melalui sebuah postingan di medsos.

Wajarlah influencer kini menjadi incaran para brand. Potensi dari infleuncer ini membuat Brand berani membayar dengan angka yang fantastis. Semakin banyak followersnya, semakin besar pula bayarannya.

Namun seiring berjalannya waktu, para influencer dengan jumlah followers yang jutaan semakin kurang diminati oleh para brand. Ini semua lantaran telah terbukti bahwa semakin banyak followers sang influencer, maka semakin kecil engagement yang didapatkan. Karena followers pada akhirnya mengerti bahwa para big influencer ini tidak akan merekomendasikan sebuah produk tanpa dibayar. Sehingga lama-kelamaan titel para big influencer ini berubah menjadi endorser.

Kini di tahun 2020 diprediksi kalau brand akan berubah haluan mengincar para nano dan micro influencer. Nano influencer adalah mereka dengan jumlah followers hanya 500 sampai 1000 orang, sedangkan micro influencer memiliki 1000 sampai 10,000 orang. Tentunya angka itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan big influencer yang memiliki followers di atas belasan juta orang. Namun para nano dan micro influencer ini terbukti bisa memberikan engagement rate yang jauh di atas para big influencer.

Ini semua lantaran para nano dan micro influencer masih bisa memegang trust para followersnya dengan cara human to human (H2H) marketing. Yang artinya pemasaran yang dilakukan seolah-olah adalah hasil word of mouth, bukan endorsement sebuah brand.

Jadi mulai sekarang jangan sedih kalau jumlah followers kamu nggak naik-naik. Karena di tahun 2020 ini, justru kamu adalah incaran para brand besar.

Media Sosial
Facebook
Whatsapp
Instagram

©2020 myboost.id